
KPU Kediri Lakukan Simulasi Aplikasi SIAKBA
Kediri, kab-kediri.kpu.go.id - Senin (07/11/2022) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kediri lakukan Simulasi Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan AdHoc (SIAKBA) dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang pada pukul 14.00 WIB.
Simulasi tersebut dilakukan oleh seluruh peserta Bimtek yang terdiri dari Pimpinan, jajaran Sekretariat, PPNPN, pejabat fungsional, pejabat struktural, mahasiswa magang, dan Bawaslu sebagai tamu undangan.
Simulasi dipimpin oleh Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hukum dan SDM, Andik Indarto dan dibantu Staf Pelaksana, Wahyu Mulya Wati. Andik memulai dengan pengenalan fitur - firur yang ada dalam aplikasi SIAKBA yang terdiri dari fitur bagi pelamar KPU dan pelamar Badan AdHoc.
Dilanjutkan dengan simulasi, Andik mempersilahkan peserta Bimtek untuk membuka laman SIAKBA di siakba.kpu.go.id dan membuat akun dengan email masing - masing guna melihat kemampuan laman tersebut ketika dikunjungi bersama - sama oleh banyak orang.
Salah satu hal terpenting dalam pembuatan akun adalah pengisian data diri yang nantinya ketika dicetak akan menjadi Curriculum Vitae (CV) pelamar. Pengisian data diri harus benar, lengkap, dan sesuai ejaan untuk menghindari perbedaan dengan berkas fisik yang dikirimkan sehingga berakibat ditolaknya pelamar.
“Sebelum dieksekusi dan dikirimkan, data yang diajukan harus dicek dengan teliti,” ujar Andik
Di akhir sesi, diskusi sempat terjadi perihal fitur aksi “ajukan perbaikan” yang harus dipahami dengan baik oleh operator dan admin SIAKBA bagaimana mengeksekusi kasus tersebut yang akhirnya ditemukan aksi pada laman admin untuk mengajukan perbaikan dengan mengirimkan catatan yang akan diterima pelamar pada email.
Terakhir, Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu berpesan untuk senantiasa menjaga koordinasi “Yang terpenting temen temen satu komando dengan Divisi SDM, jangan lakukan yang tidak diperintahkan,” jelas Anwar. (Adn/Humas)